Makanan Yang Membantu Menyembuhkan Pterigium

Makanan Yang Membantu Menyembuhkan Pterigium

Makanan Yang Membantu Menyembuhkan Pterigium | makanan memang menjadi asupan yang sangat penting bagi setiap manusia, karena dengan makanan biasanya banyak mengandung zat zat yang dapat menyembuhkan dan menstabilkan tubuh, oleh karena itu makanan sangat lah penting bagi setiap manusia, namun hal yang harus di waspadai pada makanan adalah dengan kondisi yang kita derita.

Makanan Yang Membantu Menyembuhkan Pterigium

Bila kondisi kita sedang tidak baik lalu mengkonmsi makanan yang tidak baik pula bagi tubuh itu dapat menjadi bumerang bagi kita yang akhirnya tubuh kita menjadi drop dan meperparah keadaan. Namun tidak jarang juga orang yang sehat namun dengan mengkonsumsi makanan yang tidak sehat dapat menimbulkan datangnya penyakit.

Oleh karena itu kita harus selalu menjaga dan teliti dalam hal makanan apapun itu, karena dari makanan dapat menimbulkan kesehatan atau sebaliknya dapat menimbulkan penyakit.

Oleh karena itu kami akan memberikan solusi dan informasi yang kemungkinan besar dapat bermanfaat bagi anda, hal yang diutamakan adalah memberikan beberapa makanan yang baik untuk di konsumsi bagi anda para penderita penyakit mata khususnya penyakit mata pterigium.

Apa Saja Makanan Tersebut ?

Beberapa jenis makanan berikut ini tidak hanya ampuh mengobati mata pterigium, tetapi juga dapat mencegah gangguan lainnya, seperti katarak dsb. Beberapa makanan yang baik untuk menjaga kesehatan mata diantaranya yaitu :

Berikut adalah daftar makanan yang memiliki nutrisi untuk memperbaiki kesehatan mata :

  1. Wortel

Wortel adalah salah satu jenis sayuran yang kaya akan betakaroten sebagai salah satu jenis vitamin A yang membantu fungsi kerja retina dan bagian-bagian lain dari mata. Vitamin A ini yang memberikan warna jingga pada wortel. Wortel dapat dikonsumsi sebagai campuran dalam beberapa jenis hidangan seperti sup atau tumis. Selain itu, wortel juga umum dikonsumsi sebagai minuman dalam bentuk jus.

  1. Daun selada

Selada adalah salah satu jenis sayuran yang kaya akan lutein dan zeaxanthin yang merupakan senyawa antioksidan. Menurut penelitian, kedua senyawa ini dapat membantu dengan cara mencegah katarak atau gangguan mata lainnya.

  1. Telur

Telur terutama pada bagian kuningnya merupakan sumber lutein dan zeaxanthin. Kelebihannya, telur juga memiliki kandungan zinc atau seng yang akan membantu dalam mencegah penurunan daya penglihatan mata.

  1. Aneka jenis beri

Berbagai jenis beri seperti stroberi, cranberry, raspberry, dan blueberry adalah makanan yang baik untuk kesehatan mata. Buah-buahan yang umumnya berasa asam ini memiliki kandungan vitamin C yang tinggi. Vitamin C juga berperan dalam menjaga kesehatan mata.

  1. Almond

Almond termasuk ke dalam jenis kacang-kacangan. Almond mengandung banyak vitamin E yang juga baik untuk menjaga kesehatan mata. Konsumsi almond akan membantu memenuhi sebagian kebutuhan tubuh akan vitamin E.

  1. Ikan laut

Jenis ikan laut seperti salmon, makarel, tuna, dan ikan teri kaya akan kandungan DHA. DHA merupakan asam lemak yang banyak ditemukan pada retina. Kekurangan DHA dapat menyebabkan gangguan penglihatan atau terganggunya kesehatan mata.

  1. Bayam

Bayam merupakan salah satu jenis sayuran hijau yang kaya akan lutein dan zeaxanthin. Selain itu, bayam juga diperkaya dengan vitamin yang baik untuk menjaga kesehatan mata dan membantu terhindar dari penyakit glaukoma.

  1. Alpukat

Buah yang satu ini memiliki kandungan lutein tertinggi di antara buah-buahan lainnya. Selain itu, alpukat juga dapat membantu penyerapan nutrisi seperti alpha karoten dan beta karoten. Nutrisi ini memiliki fungsi penting sebagai bahan pembentuk vitamin A.

  1. Bawang putih

Hampir setiap masakan Indonesia pasti menggunakan umbi bawang ini. Bawang putih memiliki kandungan glutathione, vitamin B1, vitamin C, selenium, dan quercetin yang dapat membantu melindungi mata dari efek buruk sinar UV. Bawang putih juga memiliki kemampuan untuk meningkatkan daya tahan tubuh serta memperkuat sel-sel optik yang akan membuat mata tetap dalam kondisi yang sehat.

  1. Tomat

Selain dapat dipakai untuk menjaga kesehatan kulit, ternyata tomat juga dapat membantu kesehatan mata. Kandungan gizi tomat antara lain vitamin C, vitamin A, dan likopen yang merupakan nutrisi untuk membantu mempertahankan kesehatan mata.

  1. Dark Chocolate

Dark chocolate memiliki kandungan flavonoid. Salah satu fungsi zat flavonoid adalah untuk melindungi pembuluh darah yang terdapat pada mata. Hal ini akan membantu memperkuat bagian-bagian mata seperti kornea dan retina untuk menjaga kesehatan penglihatan. Selain lezat dan dapat memperbaiki mood, ternyata cokelat sangat baik untuk mata.

  1. Brokoli

Kandungan nutrisi pada brokoli adalah lutein dan zeaxanthin untuk melindungi mata dari efek buruk sinar matahari dan radikal bebas. Brokoli dapat diolah menjadi sup atau tumisan. Jika merasa jenuh dengan menu tersebut, sayuran ini juga dapat digoreng dengan tepung seperti ketika membuat ayam krispi.

  1. Kol

Sama halnya dengan brokoli, kol juga memiliki kandungan lutein dan zeaxanthin. Ditambah lagi, kol juga dapat membantu mencegah katarak pada mata. Kol dapat diolah dalam menu sup dan tumisan yang lezat. Selain itu, kol juga dapat menjadi lalapan.

  1. Jagung

Jagung adalah salah satu jenis makanan yang mengandung nutrisi terbaik untuk mata. Kandungan gizi jagung meliputi vitamin A yang cukup tinggi. Aneka jenis olahan dapat dihasilkan dari bahan makanan satu ini. Jagung dapat direbus dan dimakan langsung, dijadikan sayur asem, dimakan sebagai camilan berupa popcorn, atau biji jagung dapat juga diolah menjadi tepung jagung untuk membuat aneka kue.

  1. Kiwi

Buah kiwi memiliki kandungan karotenoid dan lutein yang tinggi. Kandungan ini membantu menangkal radikal bebas yang dapat menyebabkan gangguan pada mata. Rasa asam pada kiwi mungkin membuat tidak terlalu disukai. Namun, jika buah kiwi diolah menjadi minuman berupa jus, rasanya akan sangat menyegarkan.

  1. Jambu biji

Jambu biji baik yang daging buahnya putih maupun yang berdaging merah memiliki kandungan betakaroten dan vitamin yang cukup tinggi. Jambu biji dapat dimakan langsung atau dijadikan jus. Minuman kemasan yang berbahan jambu biji juga telah banyak tersedia di supermarket.

  1. Anggur

Buah anggur memiliki beberapa jenis, yaitu anggur merah, hijau, dan hitam. Mengonsumsi anggur akan membantu melindungi retina dan merawat kesehatan mata dengan baik. Kandungan dalam buah anggur dapat mencegah terjadinya penyakit makula, salah satu jenis penyakit mata yang dapat menyebabkan kebutaan.

  1. Jeruk lemon dan jeruk nipis

Jeruk lemon dan jeruk nipis mengandung vitamin C. Jenis buah ini akan membantu menjaga kesehatan mata dengan mencegah terjadinya makula, rabun, serta retinopati diabetik. Karena rasanya yang asam, sebaiknya lemon dan jeruk nipis dicampurkan ke dalam minuman lain sehingga memberikan rasa yang menyegarkan.

  1. Ubi jalar

Ubi jalar memiliki jenis yang berbeda-beda. Ada ubi jalar dengan umbi daging berwarna putih, kuning, jingga, merah, atau ungu. Setiap ubi jalar mengandung vitamin A dan betakaroten yang berperan dalam menjaga kesehatan mata. Ubi jalar ungu mengandung vitamin A tertinggi. Saat ini makanan berbahan dasar ubi jalar sudah begitu beragam. Ubi jalar dapat diolah menjadi kue, keripik, bahkan es krim.

  1. Biji bunga matahari

Ternyata biji bunga matahari memberikan manfaat untuk kesehatan mata karena mengandung banyak vitamin E dan zinc. Jika tidak menyukai kuaci, kini juga tersedia minyak dari biji bunga matahari yang dapat dikonsumsi sebagai suplemen.

  1. Daging merah

Daging merah khususnya daging sapi tanpa lemak mengandung zinc yang membantu tubuh kita untuk menyerap vitamin A sehingga kesehatan mata lebih terjaga. Bagi seseorang yang tidak termasuk vegetarian, konsumsi daging merah dalam jumlah yang cukup akan membantu untuk mendapatkan penglihatan yang sehat.

  1. Susu dan produk susu

Belum banyak yang tahu bahwa susu memiliki beberapa kandungan nutrisi yang baik dalam menjaga kesehatan mata. Susu mengandung vitamin A dan riboflavin (vitamin B2) yang dapat mencegah terjadinya iritasi atau mata merah dan meningkatkan ketajaman indera penglihatan.

  1. Blewah

Buah dengan rasa segar ini sering digunakan dalam campuran beberapa jenis minuman seperti es buah dan es campur. Perpaduan blewah yang segar dengan rasa manis dari sirup menjadi begitu nikmat di tenggorokan. Ternyata blewah juga mengandung vitamin A dan betakaroten untuk membantu menjaga kesehatan mata.

  1. Belimbing

Ada dua jenis belimbing, yaitu belimbing wuluh dan belimbing buah. Belimbing wuluh biasanya dipakai sebagai bahan tambahan untuk menghasilkan rasa asam yang segar pada beberapa jenis masakan seperti sayur dan garang asem. Selain itu, belimbing wuluh ternyata dapat digunakan sebagai bahan manisan. Sedangkan belimbing buah dapat dikonsumsi secara langsung atau dibuat minuman berupa jus yang menyegarkan. Buah belimbing mengandung betakaroten yang dapat diubah menjadi retinol dan vitamin A.

  1. Melon

Melon dikenal sebagai buah yang dapat mencegah kanker dan serangan jantung. Selain itu, ternyata buah melon juga dapat membantu menjaga kesehatan mata. Melon mengandung betakaroten yang dapat diubah menjadi vitamin A. Satu buah melon dikatakan mampu mencukupi kebutuhan akan vitamin A harian sebesar 25 persen.

Itulah beberapa asupan makanan yang dapat membantu menyembuhkan penyakit mata khusunya penyakit pterigium ini, namun selain makanan yang harus anda jalankan untuk di konsumsi anda juga kami sarankan dan sebaiknya mengkonsumsi obat yang memang sangat efektif untuk mengobati penyakit mata khususnya penyakit pterigium ini, karena memang obat ini obat herbal paling efektif untuk mengobati penyakit pterigium dan penyakit mata laiinya, obat yang kami maksud ini adalah Eye Care Softgale Green World.

Makanan Yang Membantu Menyembuhkan Pterigium

Baca Juga Artikel Menarik Lainnya

Inilah Obat Paling Efektif Mengobati Pterigium

Cara Mengobati Mata Pterigium Dengan Mudah

Obat Herbal Pterigium Terbaik

logo-zahraherbal-co-id

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s