Pantangan Yang Harus Dilakukan Penderita Batu Ginjal

Pantangan Yang Harus Dilakukan Penderita Batu Ginjal

Pantangan Yang Harus Dilakukan Penderita Batu Ginjal | Selain pengobatan dan makanan yang harus di ketahui oleh para penderita penyakit batu ginjal, penderita juga harus mengetahui beberapa pantangan yagn dapat membahayakan penyakit tersebut, oleh karena itu hal hal ini adalah pantangan yang harus dilakukan penderita batu ginjal.

Pantangan Yang Harus Dilakukan Penderita Batu Ginjal

Batu ginjal jelas terjadi dari ginjal melalui saluran kemih, oleh karena itu kita harus mengetahui hal ini agar penyakit yang kita derita tidak semakin parah. Sebelum mengetahui pantangan pantangan tersebut, alngkah baiknya kita mengetahui sekilas tentang penyakit batu ginjal atau kencing batu ini.

Pengertian batu ginjal

Batu ginjal atau yang sering umum masyarakat sebut sebagai kencing manis ini adalah massa keras seperti batu yang terbentuk di sepanjang saluran kemih dan bisa menyebabkan nyeri, perdarahan, penyumbatan aliran kemih atau infeksi.

Batu ini bisa terbentuk di dalam ginjal (batu ginjal) maupun di dalam kandung kemih (batu kandung kemih). Proses pembentukan batu ini disebut urolitiasis (litiasis renalis, nefrolitiasis).

Ukuran batu kandung kemih sangat bervariasi dan semua orang punya risiko untuk memiliki batu kandung kemih. Tapi laki-laki lanjut usia, biasanya lebih dari 52 tahun, lebih sering mengalaminya, terutama mereka yang menderita pembesaran prostat.

Saluran urine bisa tersumbat oleh batu kandung kemih. Terhalangnya saluran urine tersebut bisa menyebabkan rasa nyeri saat buang air kecil, dan kesulitan berkemih atau tidak bisa berkemih sama sekali.

Bahaya Batu Ginjal

Batu ginjal menjadi salah satu jenis penyakit yang bisa diobati. Namun tanpa menghindari pantangan batu ginjal dan perawatan yang tepat, maka batu ginjal bisa menyebabkan kondisi yang lebih berbahaya. Berikut ini adalah beberapa bahaya batu ginjal :

Rasa sakit yang sangat kuat karena ada batu yang harus keluar bersama urin. Urin biasanya akan keluar dengan warna yang lebih keruh seperti warna coklat.

Kerusakan ginjal permanen. Batu ginjal yang tidak mendapatkan perawatan yang tepat dapat menyebabkan organ ginjal mengalami kerusakan seperti gagal ginjal.

Batu ginjal dapat menyebabkan masalah infeksi yang sangat berat pada saluran kemih dan infeksi parah pada ginjal.

Batu ginjal dapat menyebabkan infeksi darah yang tersebar ke semua organ dan bagian tubuh.

Gejala Batu Ginjal

Beberapa gejala dirasakan mayoritas penderita batu kandung kemih karena batu menyumbat saluran urine atau hanya melukai dinding kandung kemih. Beberapa gejalanya adalah:

  • Keinginan buang air kecil semakin sering.
  • Buang air kecil tidak lancar atau tersendat-sendat
  • Perut bagian bawah terasa nyeri.
  • Penis terasa tidak nyaman atau sakit.
  • Rasa nyeri saat buang air kecil.
  • Darah dalam urine.
  • Urine terlihat lebih pekat dan gelap.
  • Kesulitan buang air kecil.

Pada anak-anak ada dua gejala tambahan batu kandung kemih yaitu ereksi kuat dan menyakitkan yang tidak ada hubungannya dengan rangsangan seksual pada anak laki-laki dan mengompol.

Pantangan Yang Harus Dilakukan

Nah ini dia pantangan-pantangan yang hatus dilakukan para penderita penyakit kencing manis, pantangan-pantangan ini akan membantu proses penyembuhan anda sebagai pengobatan yang alami dengan kebiasaan yang baik.

Berikut adalah pantangan-pantangan penyakit kencing manis ini, diantaranya :

Sayuran Berdaun Gelap

Sayuran yang memiliki warna daun hijau seperti bayam, kacang panjang, dan jenis sayur lain juga banyak mengandung asam oksalat. Kadar asam oksalat yang terlalu tinggi bisa menyebabkan penumpukan jumlah kalsium dalam tubuh sehingga sangat berbahaya untuk penderita batu ginjal.

Tomat

Tomat mengandung asam asam oksalat sehingga bisa menyebabkan tingginya kadar kalsium dalam tubuh. Makanan yang mengandung kalsium kemudian tidak terpakai oleh tubuh, akan sangat rentan dengan pembentukan batu ginjal. Semua jenis produk yang mengandung tomat dan berasal dari tomat sebaiknya dihindari.

Kedelai dan Kacang-kacangan

Kedelai dan semua jenis kacang-kacangan bisa menyebabkan produksi asam oksalat yang cukup tinggi dalam tubuh. Makanan yang mengandung asam oksalat tinggi bisa menyebabkan pembentukan batu ginjal menjadi lebih parah. Asam oksalat sangat berbahaya karena bisa mengikat kalsium dan menyebabkan kondisi batu ginjal menjadi lebih parah. Tapi sumber makanan kedelai yang telah difermentasi tetap diperbolehkan dalam jumlah yang kecil.

Daging Merah

Daging merah merupakan makanan yang mengandung protein tinggi yang dapat menyebabkan kerusakan pada ginjal. Hal ini disebabkan karena pemecahan protein bisa menyebabkan ginjal bekerja terlalu keras, sehingga ada banyak racun yang harus disaring oleh ginjal. Selain itu, bahan makanan ini juga bisa meningkatkan kadar asam oksalat dalam tubuh sehingga menyebabkan resiko batu ginjal menjadi lebih tinggi.

Produk dari Susu

Produk susu merupakan salah satu bahan minuman yang harus dihindari oleh penderita batu ginjal. Hal ini disebabkan karena susu mengandung kalsium yang bisa meningkatkan resiko batu ginjal. Susu juga mengandung beberapa komponen seperti kalsium, magnesium dan kalium. Ketiga mineral ini sangat berbahaya karena bisa mengembangkan batu ginjal yang lebih parah.

Minuman Berkarbon dan Manis

Semua jenis minuman yang mengandung pemanis, gula dan bahaya minuman bersoda juga harus dihindari oleh penderita batu ginjal. Minuman manis merupakan pantangan batu ginjal karena bisa meningkatkan produksi asam urat dalam tubuh. Selain itu, minuman bersoda mengandung kadar kalsium, asam oksalat, kreatinin, dan natrium yang tinggi. kombinasi berbagai zat ini bisa meningkatkan resiko penyakit gagal ginjal.

kafein

Berbagai jenis minuman yang mengandung kafein seperti kopi dan teh sangat dilarang untuk penderita batu ginjal. Bahaya kafein tersebut karena jenis minuman ini stimulan yang bisa menyebabkan gangguan untuk sistem pembuluh darah dan menekan ginjal bekerja lebih berat.

Natrium dan Sodium

Makanan yang mengandung natrium (garam) dan sodium adalah jenis makanan yang harus dihindari oleh semua penderita batu ginjal. Sejumlah makanan yang mengandung senyawa ini bisa meningkatkan kadar asam oksalat dalam tubuh sehingga berpengaruh untuk kondisi batu ginjal.

Itulah beberapa pantangan makanan untuk penderita penyakit kencing manis ini, dengan melakukan pantangan pantangan ini, penyakit anda akan merasa lebih baik di bandingkan andamenentang pantangan ini mungkin bisa jadi penyakit anda malah tidak membaik. Semoga Artikel ini bermanfaat.

Pantangan Yang Harus Dilakukan Penderita Batu Ginjal

logo-zahraherbal-co-id

Baca Juga Artikel Menarik Lainnya

Obat Herbal Kencing Batu

Inilah Makanan Yang Baik Untuk Penyembuhan Kencing Batu

Cara Mengobati Kencing Batu Agar Cepat Sembuh

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s