Inilah Cara Menemukan Tanda Tanda Terkena Penyakit Kudis

Inilah Cara Menemukan Tanda Tanda Terkena Penyakit Kudis

Inilah Cara Menemukan Tanda Tanda Terkena Penyakit Kudis | Berjumpa kembali bersama kami yang selalu berusaha memberikan informasi bagi anda para penderita berbagai penyakit, karena memang sudah kewajibannya mengobati dan menyembuhkan penyakit. Namun tentunya hal itu tidak lah hanya kami saja yang berusaha, para penderita pun harus selalu berusaha dan berjuang agar penyakit yang di derita nya cepat sembuh.

Namun kali ini kita akan membahas suatu penyakit kulit yang memang pada umumnya sering terjadi pada masyarakat, penyakit kulit memang sangat menggangu, tidak hanya dengan gatal yang di rasakan penyakit kulit juga sering kali membuat kita malu atau kepercayaan diri yang berkurang.

Inilah Cara Menemukan Tanda Tanda Terkena Penyakit Kudis

Inilah Cara Menemukan Tanda Tanda Terkena Penyakit Kudis

Ada banyak berbagai penyakit kulit, dari mulai Alergi, Kurap, Panu, Kudis, dll. Oleh karena itu kita perlu mengetahui gejala dan tanda tanda penyakit kulit, agar kita kitak salah mengatasi dan mengobatinya. Namun pada kali ini kita akan mencoba membahas penyakit kulit kudis.

Mari kita ketahui tentang penyakit ini terlebih dahulu.

Apa itu kudis ?

Kudis adalah kondisi kulit gatal karena tungau bernama Sarcoptes scabiei. Setelah bereproduksi di atas permukaan kulit, tungau masuk ke dalam kulit untuk bertelur dan hal ini menyebabkan kulit terasa sangat gatal di area tersebut sebagai reaksi alergi. Di malam hari, rasa gatal akan meningkat. Tungau yang sangat kecil itu bisa berada di dalam kulit sampai dua bulan. Scabies atau kudis dianggap sebagai penyakit menular yang dapat menyebar dengan cepat melalui kontak fisik yang dekat dalam keluarga, play group anak, kelas sekolah, panti jompo, atau penjara.

Dilaporkan bahwa jumlah kasus penderita kudis di dunia setiap tahun sekitar 300 juta orang. Kudis dapat mempengaruhi pasien dalam semua usia, apapun pendapatan, tingkat sosial, dan situasi hidupnya. Penyakit ini bisa diatasi dengan mengurangi faktor risiko. Diskusikan dengan dokter untuk informasi lebih lanjut.

Penyebab Kudis Adalah ?

Penyebab penyakit menular ini adalah tungau Sarcoptes scabiei. Tungau-tungau tersebut akan menggali liang untuk bersarang di bawah lapisan kulit. Daerah di sekitar sarang tersebut kemudian akan terasa sangat gatal, terutama pada malam hari, dan akhirnya membentuk ruam.

Pada anak-anak, ruam tempat tungau bersarang sering muncul pada kulit kepala, wajah, leher, telapak tangan, dan telapak kaki. Sementara para pengidap dewasa umumnya mengalami gejala ini pada sela-sela jari, ketiak, sekitar selangkangan, pergelangan tangan, siku, sekitar payudara dan puting, telapak tangan dan kaki, bokong, serta sekitar organ intim.

Tungau kudis akan terus berkembang biak dalam lapisan kulit pengidap jika tidak ditangani atau langkah pengobatannya tidak tepat. Tungau ini tahan terhadap air hangat serta sabun, jadi tidak bisa diberantas walau pengidap sudah menggosok tubuh sampai bersih pada saat mandi. Pengidap tetap membutuhkan penanganan medis.

Bagaimana Mengetahui Panyakit Kudis ?

Setelah paparan awal terhadap scabies, Anda bisa memiliki gejala penyakit setelah 6 minggu. Jika Anda dulunya terkena scabies, Anda mungkin berisiko kambuh lebih cepat lagi, sekitar beberapa hari setelah paparan.

Tanda dan gejala kudis adalah :

  • Jejak seperti galian yang tipis dan tidak teratur
  • Kulit agak melepuh atau terdapat benjolan seperti jerawat yang kecil atau berubah warna
  • Ruam dan gatal luar biasa, sering kali parah dan memburuk di malam hari
  • Kerak yang menebal, berwarna keabuan-abuan, dan mudah terkelupas saat disentuh
  • Anda juga mungkin mengalami scabies Norwegia di mana kudis mengeras, dengan kerak tebal yang mengandung ribuan tungau dan telur
  • Kerak yang menebal, berwarna keabuan-abuan, dan mudah terkelupas saat disentuh

Pada orang dewasa dan anak yang lebih tua, scabies paling sering ditemukan di :

  • Dalam pergelangan tangan
  • Sekitar pinggang
  • Sekitar area kelamin pria
  • Sekitar payudara
  • Atas tulang belikat
  • Antara jari tangan
  • Atas siku bagian dalam
  • Telapak kaki
  • Pantat
  • Ketiak
  • Lutut

Pada bayi dan anak kecil, mereka mungkin mengalami kudis di :

  • Telapak tangan
  • Wajah
  • Leher
  • Kulit kepala
  • Telapak kaki

Itulah beberapa gejala yang pada umumnya sering terjadi pada masyarakat, gejala gejala ini memang tidak biasa dan tidak terlalu aneh dengan penyakit gatal lainnya. Namun bagaimana pun bentuk gejala nya dan se sederhana pun bentuk gejala nya anda tetap harus waspada.

Bagaimana Cara Mencegah Kudis ?

Pengidap kudis umumnya tidak menyadari bahwa dirinya sudah tertular karena masa inkubasi penyakit ini cukup lama. Akibatnya penyebaran kudis dapat terjadi dengan sangat cepat. Metode penularan utamanya adalah melalui sentuhan kulit, termasuk saat berhubungan seks. Penyakit ini juga dapat ditularkan jika terjadi kontak langsung dengan hewan yang mengidap kudis. Maka sangat penting untuk menjaga kebersihan hewan piaraan serta hindari kontak dengan hewan-hewan liar.

Jika salah seorang anggota keluarga Anda mengidap kudis, terdapat beberapa langkah mudah untuk mencegah penularannya. Anda dianjurkan menggunakan air panas untuk mencuci pakaian, handuk, serta seprai yang dipakai oleh pengidap. Jemur di bawah terik matahari yang sangat panas atau keringkan dengan panas yang tinggi di dalam mesin cuci.

Khusus untuk barang-barang yang tidak bisa dicuci, bungkuslah dengan rapat dalam plastik dan letakkan di tempat yang jauh dari jangkauan selama setidaknya dua minggu agar tungau-tungau mati. Kontak dengan orang-orang yang tinggal serumah juga sebaiknya dihindari sebisa mungkin hingga pengidap kudis sepenuhnya.

Pengobatan di Rumah

Apa saja hal yang harus dilakukan di rumah untuk mengatasi kudis ?

Gaya hidup dan pengobatan rumahan di bawah ini mungkin membantu Anda mengatasi kudis :

  • Mendinginkan dan membasahi kulit. Mencelupkan kulit ke dalam air dingin atau kompres kulit dengan handuk basah yang dingin ke area kulit yang teriritasi mungkin mengurangi gatal.
  • Menggunakan obat. Hal ini mungkin membantu Anda mengurangi gatal.
  • Mengoleskan lotion penenang. Lotion calamine adalah cara baik untuk membantu Anda meredakan rasa sakit dan gatal dari iritasi kulit ringan.
  • Minum antihistamin. Hal ini membantu meredakan gejala alergi karena kudis.

Berikut adalah beberapa tanda tanda, Pengobatan dan juga pencegahan penyakit kudis yang dapat anda lakukan, untuk mengobati penyakit ini memang tidak mudah, silahkan anda mencoba beberapa cara terutama dengan menggunakan obat tanpa efek samping yang kami rekomendasikan ini.

Untuk lebih lengkap tentang pengobatan penyakit kulit klik disini.

Inilah Cara Menemukan Tanda Tanda Terkena Penyakit Kudis

Baca Juga Artikel Menarik Lainnya

CARA CEPAT MENGHILANGKAN ALERGI DI KULIT

OBAT HERBAL UNTUK MENGOBATI EKSIM YANG MENAHUN

One comment

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s