10 Gejala Tipes Yang Sering Muncul

10 Gejala Tipes Yang Sering Muncul

Ada banyak gejala yang di sebabkan oleh penyakit tipes, namun ada gejala-gejala yang sering muncul dan biasa terjadi pada orang, baik itu orang dewasa maupun anak-anak. Gejala tipes merupakan suatu kontraksi yang di sebabkan oleh virus shalmonella typhi yang menyerang pada tubuh.

Gejala Tipes Yang Sering Muncul

Gejala tipes seharusnya diketahui oleh orang-orang, karena dengan mengetahhui gejal-gejalanya dengan mudah kita dapat mengetahui dan mengantisipasi penyakit yang akan kita derita. Oleh karena itu penting bagi anda untuk membaca 10 gejala tipes yang sering muncul ini. inilah diantaranya :

1. Demam Tinggi bisa mencapai hingga 39-40° C

Demam merupakan kondisi ketika suhu tubuh berada di atas 37.5 derajat celsius. Infeksi ringan hingga parah dapat menyebabkan demam. Demam merupakan bagian dari proses kekebalan tubuh yang sedang melawan infeksi akibat virus, bakteri atau parasit. Selain itu, demam juga bisa terjadi ketika seseorang terlalu lama berada di bawah sinar  matahari atau karena penyakit seperti hipertiroidisme dan artritis.

Demam dianggap sangat tinggi dan berpotensi berbahaya jika suhu tubuh mencapai 39° celcius atau lebih. Suhu tubuh yang sangat tinggi menandakan terjadinya infeksi yang serius di dalam tubuh.

2. Sakit kepala

Sebagian besar sakit kepala yang terjadi tidak serius dan bisa diatasi dengan mudah, seperti dengan meminum obat pereda sakit, minum air putih yang cukup dan lebih banyak istirahat. Tapi ada beberapa jenis sakit kepala yang memerlukan penanganan lebih karena berkelanjutan atau bahkan ada yang bisa membahayakan nyawa.

Sakit kepala tidak memiliki jangka waktu tertentu, bisa berlangsung kurang dari satu jam atau bahkan selama beberapa hari dan bisa muncul secara tiba-tiba atau perlahan-lahan.

3. Nyeri otot

Nyeri otot atau myalgia adalah rasa sakit atau nyeri yang muncul pada bagian otot. Ini adalah kondisi yang umum dan bisa terjadi pada semua orang. Nyeri otot biasanya terkait dengan tingkat ketegangan, terlalu banyak beraktivitas, atau cedera dari olahraga dan/atau bekerja. Nyeri otot mulai terasa ketika Anda sedang melakukan aktivitas atau setelahnya.

Nyeri otot bisa dirasakan pada bagian manapun karena hampir seluruh bagian tubuh memiliki jaringan otot dan biasanya tidak hanya melibatkan satu otot saja. Kondisi ini bisa melibatkan ligamen, tendon, dan fasia. Fasia merupakan jaringan ikat yang menghubungkan otot dengan otot dan jaringan di sekitarnya seperti saraf dan pembuluh darah.

4. Sakit perut

Sakit atau nyeri perut bisa dikatakan dialami oleh semua orang. Sebagian besar tidak memiliki penyebab yang serius. Tapi, ada beberapa sakit perut yang menjadi gejala dari penyakit lain yang lebih serius dan berbahaya. Kita harus bisa mengenali gejala yang muncul pada sakit perut untuk mengetahui penyebabnya dan bisa diobati dengan cepat.

Sakit pada bagian abdomen bisa mengacu pada kram perut atau pun sakit perut biasa. Biasanya kondisi ini berlangsung sementara dan tidak berbahaya. Jika sakit perut yang parah terjadi secara tiba-tiba dan terpusat pada satu titik tertentu, biasanya ini pertanda keadaan darurat. Segera hubungi dokter jika hal ini terjadi.

5. Nafsu makan berkurang

Hilangnya nafsu makan disebabkan oleh penyakit, yang artinya kondisi tersebut hanya berupa gejala dari sebuah penyakit. Nafsu makan akan kembali normal setelah penyakit tersebut pergi. Kondisi tersebut tidak terlalu mengkhawatirkan kecuali berlangsung selama lebih dari satu atau dua hari.

Keadaan lain seperti stres, sedih dan cemas juga bisa mempengaruhi nafsu makan normal. Ini sering terjadi pada remaja dan orang dewasa.

7. Sembelit atau diare (Kecendrungannya, sembelit pada dewasa dan diare pada anak-anak)

Sembelit adalah kebalikan dari diare. Kotoran kita keras dan tidak licin, serta menumpuk di usus. Keadaan ini menyebabkan kita sakit perut. Semakin lama kita tidak pergi ke kamar kecil, semakin sakit rasanya. Sebab itu dengarlah suara tubuh. Juga pada waktu makan. Buah-buahan dan sayur sangat penting untuk memberikan serat yang menyebabkan kotoran kita menjadi lembut dan licin. Jus apel itu juga sehat. Sebab jus apel mengandung banyak pektin yang merangsang pencernaan makanan. Pektin adalah jenis gula campuran yang terutama terdapat dalam buah apel dan bit atau ubi gula.

7. Ruam

Ruam adalah inflamasi dan perubahan warna yang terjadi pada kulit manusia. Timbulnya gatal-gatal, benjol, mengelupas, bersisik, atau terjadi iritasi adalah bentuk-bentuk reaksi pada kulit yang mengalami ruam. Beberapa di antara penyebab ruam adalah akibat alergi, efek samping obat-obatan, kosmetik, dan berbagai macam penyakit.

8. Pegel-pegel

Pegal linu adalah rasa nyeri di otot yang dipicu oleh kelelahan yang biasanya bisa sembuh dengan sendirinya dalam hitungan hari. Namun demikian, saat seseorang mengalami pegal linu, hal tersebut membuat penderita merasa tidak nyaman dan bahkan bisa mengganggu aktivitas sehari-hari.

9. Lemas

Lemas adalah suatu gejala atau sensasi kurangnya tenaga. Lemas dapat mempengaruhi perkerjaan, kehidupan keluarga, dan hubungan sosial. Lemas adalah suatu gejala yang disebabkan oleh suatu sebab, bukan sebuah penyakit tersendiri. Lemas akut (< 6 bulan) dan kronik (> 6 bulan) dapat berkaitan dengan banyak penyebab

10. Rasa Kebingungan, seperti disorientasi tempat dan lingkungan


Itulah 10 gejala tipes yang sering muncul pada penderita penyakit tipes, gejala-gejala diatas perlu kita ketahui agar kita dapat mengantisipasi, dan bila teman atau keluarga lain mengalami hal-hal seperti itu kita dapat melakukan langkah-langkah pengobatan selanjutnya. Semoga info ini bermanfaat bagi anda.

Selain gejala-gejala diatas, ada juga beberapa makanan pantangan penderita penyakit tipes.

Untuk mengetahuinya baca artikel dibawah ini juga :

*Pantangan makan penyakit tipes

*Makanan yang bagus untuk penyakit tipes

*Buah-buahan yang bagus penyakit tipes

*Obat Tradisional Tipes

*Obat Herbal Tipes

*Obat Herbal Tipes Murah

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s