Makanan Yang Bagus Untuk Tipes

Makanan Yang Bagus Untuk Tipes

Tipus ataupun tipes adalah suatu penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri Salmonella Typhi. Pada umumnya bakteri ini menempel pada makanan atau minuman, sehingga bagi yang mengkonsumsinya akan terserang penyakit ini.

Makanan Yang Bagus Untuk Tipes

Tentunya kita sangat perlu memperhatikan berbagai Makanan Yang Bagus Untuk Tipes maupun makanan yang tidak boleh dikonsumsi oleh penderita penyakit tipes. Karena makanan juga merupakan asupan yang penting bagi manusia, namun dalam makanan itu juga terkandung berbagai kandungan yang berbeda-beda. Tentunya untuk orang yang menderita penyakit tipes perlu dan penting baginya untuk mengetahui apa saja yang harus di konsumsi dan apa saja yang tidak b oleh dikonsumsi. Berikut kami berikan beberapa dari ribuan makanan yang boleh dan tidak boleh dikonsumsi oleh penderita tipus :

  • MAKANAN TINGGI PROTEIN

Agar dapat memperoleh tenaga dan stamina yang baik, selain harus mendapatkan asupan karbohidrat, para penderita tifus juga harus mendapatkan asupan protein yang cukup. Asupan protein ini diperoleh dari berbagai macam sumber protein yang ada, seperti protein hewani dan protein nabati.

       Jenis sumber protein               Kandungan/100 gr

  1. Gandum                                      16,9 gr
  2. Beras                                            7,13 gr
  3. Bayam                                          3,6 gr
  4. Kacang kedelai                            36,49 gr
  5. Kacang Hijau                                3,04 gr
  6. Almond                                       21,22 gr
  7. Biji Bunga Matahari                    20,78 gr
  8. Kacang polong                           25 gr
  9. Kentang                                        2 gr
  10. Brokoli                                          2,82 gr

Protein ini bermanfaat dan berguna sebagai sumber tenaga pada penderita tifus. Berikut ini beberapa sumber protein yang baik bagi penderita tifus :

  1. Daging ( 20-30 gram / 100 gram )

Daging mengandung protein, dapat dibagi menjadi 2 macam yaitu Red Meat atau Daging Merah dan White Meat alias Daging Putih. Daging merah mampu mencukupi kebutuhan protein nabati, zat besi, dan vitamin B12.

  1. Ikan Tuna ( 29 gram / 100 gram )

Ikan Tuna termasuk jenis ikan yang memiliki daging berwarna merah dan putih. Ikan jenis ini sangat terkenal dengan kandungan mineral alaminya seperti kalsium, zat besi, kolin, kalsium, fosfor, megnesium, zinc, dan lain-lain.

Setelah diteliti lebih jauh, ternyata ikan tuna juga termasuk makanan yang mengandung protein tinggi. Kandungan protein hewani dalam ikan tuna mampu mencukupi 29 gram kebutuhan harian setiap 100 gramnya.

  1. Telur ( 12.6 gram / 100 gram )

Telur ayam ataupun bebek biasanya lebih banyak dikonsumsi oleh orang yang suka memperhatikan tubuhnya dan orang sring berolahraga atau atlite, karena telur dapat membangun sel-sel tubuh yang kuat. Apalagi kandungan yang berada dalam putih telurnya.

  1. Beras ( 7.13 gram / 100 gram )

Selain terkenal kandungan karbohidratnya , beras juga mengandung  sumber protein yang tinggi. Mengkonsumsi beras 100 gram /hari dapat mencukupi protein sebanyak 7.13 gram.

  1. Gandum ( 16 gram / 100 gram )

Gandum merupakan sereal yang tinggi proteinnya dari kacang-kacangan. Bahkan kandungan protein dalam gandum melebihi dari protein kacang kedelai, kandungan protein dalam gandum mencapai 16 gram / 100 gram.

  1. Keju ( 21 gram / 100 gram )

Keju merupakan sumber kalsium dan vitamin D tinggi yang baik untuk pertumbuhan tulang, keju dapat mencukupi kebutuhan protein sebanyak 21 gram / 100 gram.

  1. Kacang kedelai (36.49 gram / 100 gram )

Setiap 100 gram nya protein, kedelai dapat mencukupi protein sebanyak 36.49 gram. Untuk mendapatkan semua asupan protein tersebut setara dengan anda mengkonsumsi Tahu,Tempe,Susu Kedelai, dan lainnya.

  1. Bayam ( 2,9 gram / 100 gram )

Sayur hijau ini setiap 100 gramnya mengandung 2,9 gram protein, 2,71 mg zat besi, dan 3,6 gram karbohidrat.

  1. Kentang ( 2 gram / 100 gram )

Nutrisi yang terkandung dalam jenis umbi-umbian ini adalah mencapai 2 gram / 100 gram. Yang terkandung dalam kentang adalah karbohidrat, potasium, kalium, zat besi, dan masih banyak lainya.

  1. Susu kambing ( 8,7 gram / 100 gram )

Rantai asam lemak susu kambing yang lebih pendek, membuatnya lebih mudah dicerna dibandingkan susu sapi. mengkonsumsi susu kambing secara rutin dapat memperbaiki dan menambah protein yang baik bagi tubuh.

  1. Brokoli ( 2,28 gram / 100 gram )

Mengkonsumsi brokoli secara rutin 100 gram sehari dapat memenuhi 2.82 gram protein, vitamin C, dan serat alami. Bahkan sayuran jenis ini sangat cocok sekali bagi kamu yang sedang diet vegetarian.

  1. Kacang polong ( 25 gram / 100 gram )

jenis kacang polong ini termasuk sumber protein yang cukup baik. Dengan mengkonsumsi minimal 100 gram kacang polong, dapat mencukupi 25 gram kebutuhan protein harian.

  1. Biji Bunga Matahari ( 20,78 gram / 100 gram )

Mengkonsumsi kwaci dari biji bunga matahari ternyata mencukupi kebutuhan protein harian. Kamu bisa memperoleh protein sebesar 20.7 gram setelah konsumsi kwaci minimal 100 gram. Terlebih lagi, kwaci juga mengandung mineral alami lain yang cukup lengkap.

  1. Almond ( 21,22 gram / 100 gram )

Kacang jenis ini mampu memberikan asupan vitamin E sebesar 26 mg per 100 gramnya. Selain itu, kandungan protein kacang-kacangan ini sebesar 21,22 gram yang mampu mencukupi kebutuhan harian kamu. Kacang almond sangat ideal sekali jika kamu jadikan sebagai salah satu menu diet sehat harian.

  1. Kacang hijau ( 3.04 gram / 100 gram )

jenis kacang yang satu ini tidak boleh kita lewatkan saat membahas sumber protein hewani. Dari jenis kacang ini kita mendapatkan 3.04 gram protein setelah mengonsumsi kacang kedelai sebesar 100 gram. Agar lebih praktis, kamu bisa mengonsumsi susu kacang hijau rutin.

Selain makanan yangmengandung protein tinggi, para penderita penyakit tifus juga perlu mengetahui Makanan Yang Bagus Untuk Tipes, antara lain juga makanan yang mengandung protein hewani, antara lain :

       Jenis sumber protein                   Kandungan per 100 gr

  1. Ikan                                                     20 s.d 35 gr
  2. Dada Ayam                                         28 gr
  3. Daging domba muda                       30 gr
  4. Daging Sapi                                        25 s/d 36 gr
  5. Tuna                                                      29 gr
  6. Telur                                                     12,6 gr
  7. Keju                                                       21 gr
  8. Susu sapi                                             3,20 gr
  9. Susu Kambing                                     3,5 gr
  10. Olahan seafood                                 20 s.d 30 gr\

  • MAKANAN YANG RENDAH SERAT
  1. Pepaya
  2. Kacang panjang
  3. Buncis muda
  4. Pisang
  5. Alpukat
  6. Wortel
  7. Labu siam

buah

  • MAKANAN YANG LUNAK
  1. Bubur

Bubur yang dimasak menggunakan kaldu ayam memiliki sumber karbohidrat dan protein yang cukup bagi penderita tifus.

  1. Kentang tumbuk

Kentang rebus dapat menjadi alternatif bagi penderita tifus dan juga makanan bagi penderita diabetes. Karena teksturnya yang lembek dan mudah dicerna, serta kandungan nutrisinya yang baik, maka penderita tifus bisa mencoba untuk mengkonsumsi makanan ini.

  1. Puding

Puding memiliki tekstur yang lembut, serta mudah dicerna. Selain itu puding juga terdiri dari beberapa bahan-bahan yang sangat baik untuk tubuh. Kandungan gula pada puding, menjadi sumber tenaga bagi pasien tifus.

  1. Roti bakar

Roti bakar yang dioles dengan mentega dapat menambah kadar karbohidrat dan lemak sebagai tambahan sumber tenaga bagi pasien penderita tifus.

  1. Alpukat

Alpukat sangat berguna dan bermanfaat bagi penderita tifus. Teksturnya yang lembut, serta kandungan vitamin di dalamnya akan membantu memenuhi kebutuhan energinya.

  1. Pisang

Pisang memiliki kadar nutrisi yang sangat baik bagi tubuh. Selain itu tekstur pisang  yang lunak, dapat memudahkan penderita tifus dalam mencerna yang juga cocok untuk makanan untuk anak diare.

  1. Biskuit

Selain kandungan karbohidrat yang tinggi dalam biskuit, sehingga dapat menjadi pilihan bagi yang sedang menderita tifus.

Seperti  itulah beberapa contoh Makanan Yang Bagus Untuk Tipes, agar penyakit tifus cepat sembuh dan tidak semakin parah. Karena penting sekali mengkonsi makanan yang sehat bagi orang yang sedang tidak sehat. Karena tubuh memerlukan asupan-asupan yang baik yang memiliki kandungan yang baik.

 

Makanan Yang Bagus Untuk Tipes

Baca Juga Artikel Lainnya : Obat Tradisional Tipus Terbukti Ampuh

3 comments

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s