Kenali Ciri Ciri Gejala Dan Penyebab Tipes

Kenali Ciri Ciri Gejala Dan Penyebab Tipes

Tentunya agar kita dapat mewaspadai akan menderita penyakit tipes kita harus terlebih dahulu harus Kenali Ciri Ciri Gejala Dan Penyebab Tipes, sebab bagaimana kita akan mengobati jika penyakit yang kita deritanya saja tidak diketahui oleh kita, tentunya itu akan menbuat kesulitan bagi kita agar dapat sembuh secara cepat. Penting bagi anda walaupun anda sehat prima tidak ada masalah apa-apa dalam tubuh anda, tapi mungkin setidaknya anda mengetahui ciri-ciri berbagai macam penyakit agar anda dapat segera menanggulanginya.

Kenali Ciri Ciri Gejala Dan Penyebab Tipes

Karena pada umumnya masyarakat tidak mengetahui  tanda-tanda gejala tipes, biasanya masyarakat baru mengetahui bahwa dirinya terkena tipes ketika penyakitnya sudah cukup parah. Hal itu tentunya cukup berisiko, karena jika sudah terlanjur parah tentu saja proses penyembuhannya akan memakan waktu yang lama. Bahkan Anda bisa dirawat di rumah sakit selama berminggu-minggu. Maka dari itu mengenali sejak dini gejala tipes dan juga mengetahui berbagai faktor penyebabnya dapat membuat kita semua bisa lebih waspada dengan penyakit yang satu ini.

Penyebab penyakit tifus

Penyakit tipes disebabkan oleh bakteri yang disebut Salmonella typhi, bakteri ini juga dapat menyebabkan keracunan makanan salmonella. Karena penyebabnya bakteri, maka Demam tifoid ini sangat menular. Orang yang terinfeksi bisa menularkan bakteri dari tubuh mereka melalui feses (tinja), dan melalui urin (walaupun jarang terjadi).

Kenali Ciri Ciri Gejala Dan Penyebab Tipes

Bakteri ini dapat menyebar jika orang yang telah terinfeksi bakteri tidak mencuci tangan sebelum menyentuh atau mengolah makanan. Penyebaran bakteri terjadi ketika ada orang lain yang menyantap makanan yang tersentuh tangan pengidap.

Orang yang menyantap makanan olahan pengidap juga akan terinfeksi jika pengolah tidak mencuci tangannya setelah buang air kecil karena penularan juga dapat terjadi dari urine pengidap bakteri, meski cara ini memang lebih jarang terjadi

Gejala tifus

Secara garis besar, berikut adalah ciri-ciri dan gejala penyakit tipes :

  • Demam atau panas dengan suhu tinggi, bisa mencapai hingga 39-40° C
  • Sakit kepala
  • Nyeri otot
  • Sakit perut
  • Tidak nafsu makan
  • Sembelit atau diare (Kecendrungannya, sembelit pada dewasa dan diare pada anak-anak)
  • Ruam berupa bintik-bintik merah muda kecil
  • Pegel-pegel
  • Lemas
  • Rasa Kebingungan, seperti disorientasi tempat dan lingkungan

Dengan pengobatan yang benar, gejala penyakit tipes ini akan cepat membaik dan mudah diantisipasi dalam waktu tiga sampai lima hari. Namun jika tidak diobati, biasanya akan semakin memburuk selama beberapa minggu dan ada risiko komplikasi yang mengancam jiwa.

Tentunya agar kita dapat terhidar dari penyakit tipes, kita perlu memperhatikan dan melakukan langkah-langkah beriktu ini.

Langkah-langkah pencegahan tifus :

  1. Mencuci tangan sebelum dan sesudah mengolah makanan dan minuman, serta setelah buang air.
  2. Jika harus membeli minuman, sebaiknya minum air dalam kemasan.
  3. Minimalisasi konsumsi makanan yang dijual di pinggir jalan karena mudah terpapar bakteri.
  4. Hindari es batu dalam minuman Anda. Juga sebaiknya hindari membeli dan mengonsumsi es krim yang dijual di pinggir jalan.
  5. Hindari konsumsi buah dan sayuran mentah, kecuali Anda mengupas atau mencucinya sendiri dengan air bersih.
  6. Batasi konsumsi makanan boga bahari (seafood), terutama yang belum dimasak.
  7. Sebaiknya gunakan air matang untuk menggosok gigi atau berkumur.
  8. Bersihkan toilet, gagang pintu, telepon, serta keran air di rumah Anda secara teratur.
  9. Hindari bertukar barang pribadi seperti handuk, sprei, dan alat mandi. Cuci benda-benda tersebut secara berkala dalam air hangat.
  10. Hindari konsumsi susu yang tidak terpasteurisasi.

Gejala Pendarahan Dalam

Pengidap tifus yang mengalami pendarahan dalam biasanya merasakan gejala-gejala seperti merasa lelah sepanjang waktu, sesak napas, muntah darah, kulit pucat, denyut jantung tidak teratur, dan tinja berwarna hitam pekat.

Umumnya pendarahan dalam akibat tifus tidak mengancam nyawa. Meski demikian, transfusi darah mungkin dibutuhkan untuk mengganti hilangnya darah dari tubuh. Operasi juga mungkin diperlukan untuk memperbaiki kerusakan pada daerah pendarahan.

Pegobatan dirumah

Sebenarnya untuk mengobati penyakit ini juga tidak terlalu repot dan bisa di golongkan pengobatan yang mudah dan sederhana bila anda sedang berapa di rumah. Berikut tahap-tahap perawatan dirumah :

  • Istirahat cukup
  • Makan teratur. Anda dapat makan sesering mungkin dalam kadar sedikit dibandingkan jika makan dengan porsi besar sebanyak tiga kali sehari
  • Minum banyak air putih
  • Cuci tangan teratur dengan sabun dan air hangat untuk mengurangi risiko penyebaran infeksi

Kasus Tifus/Tipes

Berdasarkan sebuah survey di indonesia, ditemukan bahwa tifus menjangkiti sebanyak 800 hingga 100 ribu penduduk Indonesia sepanjang tahun 2008. Ini membuktikan bahwa tifus merupakan penyakit endemik dan menjkadi masalah kesehatan yang serius di negara ini.

Sanitasi yang buruk dan terbatasnya akses air bersih diduga menjadi penyebab utama berkembangnya penyakit tifus. Belum sempurnanya sistem kekebalan tubuh diduga menjadi penyebab penyakit ini lebih banyak dialami anak-anak. Dan bergitulah jika kita tidak Kenali Ciri Ciri Gejala Dan Penyebab Tipes.

Di Indonesia, pemeriksaan Widal (uji serologi untuk mendeteksi keberadaan bakteri salmonella) masih banyak dilakukan untuk menentukan diagnosis. Walau demikian, interpretasi hasil tes Widal harus hati-hati, Hal ini dikarenakan pada daerah endemis, seperti di Indonesia, semua orang sudah pernah terpapar Salmonella thyphosa. Oleh karena irtu kita perlu tahu dan Kenali Ciri Ciri Gejala Dan Penyebab Tipes Secara alami, tubuh telah membentuk antibodi terhadap bakteri ini. Itu sebabnya, ketika pemeriksaan Widal dilakukan, antibodi dalam tubuh akan memberi reaksi positif. Namun ini bukan berarti Anda positif mengidap tifus. Walau demikian, tes ini sangat membantu terutama di daerah yang tidak memiliki tes diagnostik yang lebih canggih dan mahal.

Selain tes Widal, terdapat tes yang lebih cepat dan akurat mendeteksi tifus, yaitu tes TUBEX. Tes imunologi ini dilakukan menggunakan partikel berwarna untuk meningkatkan sensitivitas.

Berikut adalah keterangan tentang gejala dan ciri ciri penyakit tipus yang harus kita waspadai dan harus kita antisipasi. Selain itu juga, kiat harus selalu menajaga kebersihan, baik itu lingkungan maupun diri sendiri, agar kita selalu bersih dan terhindar berbagai penyakit khhususnya penyakit tipus ini. oleh karena itu kita perlu tahu dan Kenali Ciri Ciri Gejala Dan Penyebab Tipes pada umumnya masih banyak berbagai penyakit yang di sebabkan oleh kurangnnya kebersihan, maka dari itu kita harus selalu memperhatikan kebersihan.

f

Baca juga artikel lainnya : Ciri-ciri Penyakit (Obat Tipus Tradisional Terbukti Ampuh)

 

2 comments

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s